2 mnt membaca"> Penyebab dan Dampak Konflik Terbaru Palestina dan Israel - Suaka Online
Infografik

Penyebab dan Dampak Konflik Terbaru Palestina dan Israel2 mnt membaca

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Konflik antara Palestina dan Israel kembali terjadi di wilayah Jalur Gaza, Palestina. Kali ini ketegangan bermunculan selama bulan suci Ramadhan. Aksi saling menyerang terus dilakukan oleh kedua belah pihak yang mengakibatkan ratusan korban jiwa berjatuhan dan banyaknya bangunan yang hancur.

Ketegangan antara Palestina dan Israel yang semakin memanas telah menewaskan setidaknya 217 orang dari pihak Palestina, 63 di antaranya adalah anak-anak. Sedangkan di pihak Israel, 12 orang tewas akibat perseteruan ini. Puluhan ribu warga Palestina pun terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Mayoritas konflik Palestina dan Israel kali ini bersumber dari upaya hukum sekelompok pemukim Yahudi yang hendak menggusur warga Palestina dari tempat tinggalnya di wilayah Syekh Jarrah, Yerusalem Timur. Kemudian, putusan pengadilan awal tahun ini mendukung klaim pihak Yahudi dan berhasil membuat marah warga Palestina.

Saat warga Palestina melaksanakan shalat Tarawih, ibadah berlangsung dengan damai, namun terdapat kerusuhan di wilayah Yerusalem Timur. Sebanyak 121 warga Palestina terluka, sebagian besar terkena peluru karet dan granat kejut yang ditembakkan oleh polisi Israel. Sementara itu, polisi Israel mengklaim bahwa 17 anggotanya terluka.

Melansir tirto.id, puluhan ribu warga Palestina berkumpul guna melaksanakan shalat di kompleks puncak bukit yangs mengelilingi masjid. Tetapi, sebagian besar memilih untuk tetap tinggal untuk menentang penggusuran wilayah yang sejak lama menjadi pusat konflik antara Palestina dan Israel. Di sisi lain, polisi Israel menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa.

Perseteruan antara Palestina dengan Israel merupakan permasalahan internasional yang dipicu oleh berbagai faktor, seperti klaim agama, sejarah, sampai minimnya dukungan bangsa-bangsa Arab. Di samping itu, beberapa negara Barat menolak kemerdekaan Palestina yang menyebabkan konflik antara kedua negara ini tetap berlangsung sampai sekarang.

Peneliti : Fatimah Nur’aini/Magang

Desain : Arie R Prayoga/Magang

Sumber : liputan6.com, KOMPAS.com, CNNIndonesia, Tirto.id

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas