2 mnt membaca"> Program Prioritas Nasional: Menuju Indonesia Bebas Stunting - Suaka Online
Infografik

Program Prioritas Nasional: Menuju Indonesia Bebas Stunting2 mnt membaca

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Stunting merupakan permasalahan gizi yang banyak di temui di Indonesia. Dilansir dari jawapos.com ada sekitar sembilan juta balita yang saat ini mengalami stunting. Hal ini menunjukkan bahwa 1 dari 3 bayi terlahir dengan diagnosa stunting.

Melihat banyaknya penderita stunting di Indonesia pemerintah pusat mengadakan Program Prioritas Nasional. Dimana program ini bertujuan untuk percepatan pencegahan dan penurunan stunting tahun 2018-2024. Selama berlangsungnya program ini Indonesia mengalami penurunan jumlah penderita stunting sebanyak 2,8 persen dari tahun 2018 ke tahun 2019.

Namun, walaupun telah mengalami penurunan jumlah penderita stunting. Jumlah penderita stunting di Indonesia pada tahun 2019 masih berada di presentase 28 persen. Dimana angka tersebut masih jauh dari batas toleransi Wordl Health Organization (WHO) yang menetapkan presentase toleransi sebesar 20 persen untuk jumlah stunting dalam suatu negara.

Progam Prioritas Nasional ini memiliki beberapa strategi penanganan stunting yang terus diusahakan hingga sekarang. Salah satu strategi yang dilakukan yaitu Peningkatan kesehatan ibu, anak, Keluarga Berencana (KB), dan kesehatan reproduksi. Strategi ini dilakukan karena penyebab utama stunting bukan berada pada tingkat finansial keluarga melainkan kurangnya kepedulian ibu terhadap gizi yang dikonsumsi anak baik saat di kandungan ataupun saat pertumbuhan sampai umur 59 bulan.

Peningkatan pelayanan kesehatan juga menjadi strategi utama. Adapun pelayanan kesehatan yang dikhususkan adalah posyandu. Sebab posyandu merupakan penyambung keinginan pemerintah pusat dan keinginan keluarga agar anaknya dapat tumbuh berkualitas. Adapun cara yang dilakukan posyandu dalam memberantas stunting antara lain pemberian makanan tambahan dan pengecekan kesehatan anak.

Program Prioritas Nasional ini tidak akan berjalan apabila tidak ada kerjasama antara pihak-pihak. Baik dari pihak pemerintah maupun dari masyarakat. Berdasarkan laman presidenri.go.id sebagai target akhir pada tahun 2024 presiden mengharapkan presentase stunting di Indonesia mencapai angka 14 persen.

Baca juga:  Era Digital Berdampingan DenganComputer Vision Syndrome (CVS)

Sumber            : jawapos.com, presidenri.go.id, dan kementrian PPN/Bapenas

Peneliti            : Dheny Puspitasari/Magang

Desain             : Siti Hannah Alaydrus/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas