Kampusiana

Sosialisasi ICT Angkatan 2019, Pelatihan Masih Dilaksanakan Online

Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SGD Bandung, menggelar sosialisasi Information dan Communication Technology (ICT) bagi angkatan tahun 2019 melalui Zoom meeting dan live streaming YouTube, Jum’at (5/11/2021). (Foto: Zahra Siti Syahida)

SUAKAONLINE.COM – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SGD Bandung, menggelar sosialisasi Information dan Communication Technology (ICT) bagi angkatan tahun 2019 melalui Zoom meeting dan live streaming YouTube, Jum’at (5/11/2021). Acara sosialisasi yang di pandu oleh Eryanti Nurmala Dewi selaku moderator ini merupakan acara kedua yang digelar oleh PTIPD.

Sama seperti sosialisasi yang ditujukan untuk angkatan 2018, dalam sosialisasi kali ini juga dijelaskan pelatihan ICT di tahun ini banyak mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud ialah untuk pelatihan tahun ini akan dilabeli dengan adanya sertifikasi internasional. Berkolaborasi dengan pihak microsoft yang ada di Indonesia sehingga memunculkan pelatihan bertema “Microsoft Office specialist”

Dalam sambutannya, Ketua PTIPD Undang Syaripudin memaparkan bahwa terjadi peningkatan peserta yang mengikuti pelatihan ICT dari angkatan sebelumnya. Dengan jumlah peserta sebanyak 5338 peserta untuk angkatan 2019, PTIPD menyediakan sebanyak 320 kelas. Adapun pelatihan yang akan disajikan berupa pengetahuan menyeluruh seputar microsoft office dengan menggunakan toolbar.

Pelatihan ini terdiri atas tujuh pertemuan dan di akhiri ujian, dengan metode belajar yang dilakukan secara online. Undang menambahkan setelah ujian nanti akan diambil sekitar 100 peserta terbaik yang akan di ajukan untuk sertifikasi internasional. “Jadi nanti sebelum ujian akan dilakukan pendampingan terlebih dahulu yang akan dilakukan secara offline, kepada 100 orang terpilih ini,” jelasnya, Jum’at (5/11/2021).

Lebih lanjut ke arah teknis, Kepala divisi ICT Yogi Saputra menjelaskan pertemuan pertama untuk pelatihan ini dimulai pekan depan, yakni tanggal 8 November 2021. Materi untuk bahan ajar pelatihan ICT pun telah diunggah ke akun masing-masing peserta dan sudah bisa diunduh. Skema pembagian materi ajar pun disusun yakni pertemuan 1 dan 2 tentang Microsoft Word, kemudian pertemuan 3 dan 4 tentang Microsoft dan pertemuan 5 dan 6 membahas Microsoft Excel.

“Karena pertemuan 1 dan 2 itu tentang Microsoft Word jadi temen-temen bisa melihatnya Kalau nggak salah materinya berbentuk power point terus ada sekitar 27 Slide. Di mana 27 itu dibagi dua pertemuan 14/13 pembagiannya seperti itu untuk pertemuan 1 dan 2,” papar Yogi

Selanjutnya Yogi menjelaskan pihak PTIPD saat ini tengah berupaya untuk menambah kuota peserta terbaik yakni sebanyak 300 peserta. Karena gelar sertifikasi internasional tersebut akan bermanfaat sampai kapan pun. Gelar non akademik MOS tersebut akan bisa dipakai sebagai personal branding.

Akhir kata, Yogi berharap agar pelatihan ICT untuk angakatan 2019 ini dapat terlaksana dengan lancar dan para peserta dapat mengikuti hingga akhir. “Jalani dengan ikhlas pasti Allah punya jalannya untuk membantu teman-teman menyelesaikan setiap masalah yang teman-teman miliki atau proses yang sedang teman-teman jalani,” pungkasnya.

Reporter         : Zahra Siti Syahida

Redaktur        : Fuad Mutashim

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas