3 mnt membaca"> Sosialisasi ICT, PTIPD Sediakan Sertifikat Nasional dan Internasional - Suaka Online
Kampusiana

Sosialisasi ICT, PTIPD Sediakan Sertifikat Nasional dan Internasional3 mnt membaca

Ketua Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SGD Bandung, Undang Syaripudin memberikan pemaparan pada acara sosialisasi Information dan Communication Technology (ICT), Kamis (9/9/2021). (Gemilang Yusrima Renic/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SGD Bandung, menggelar sosialisasi Information dan Communication Technology (ICT), Kamis (9/9/2021). Sebanyak kurang lebih 3000 peserta tercatat menghadiri sosialisasi yang digelar melalui platform Zoom Meeting dan YouTube tersebut.  Sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka menunjang pengetahuan mahasiswa dalam memahami agenda, skema pelatihan, serta kegunaan program.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini PTIPD menjanjikan akan menyediakan sertifikat nasional dan internasional untuk mahasiswa. PTIPD memberikan kesempatan bagi 100 mahasiswa yang memiliki nilai terbaik untuk mengikuti tes Microsoft Office Specialist (MOS) dan menerima sertifikat internasional. Sementara sertifikat nasional akan diberikan kepada mahasiswa yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti tes MOS.

Ketua PTIPD, Undang Syaripudin mengungkapkan bahwa ICT yang digelar tahun ini merupakan program yang berbeda dan lebih inovatif. Training tidak lagi merujuk pada pelatihan penulisan skripsi dan prosedur sidang, akan tetapi lebih kepada pengoperasian microsoft office dengan menggunakan toolbar.

“Karena kita itu melaksanakannya di semester akhir, pelatihannya itu lebih ke arah penulisan atau membantu penulisan skripsi biasanya atau sidang. Mangkanya dulu disebut dengan digital academic practical, dan ini mungkin inovasi yang sangat positif. Kita itu lebih ke arah kalau sekarang ya ini kita sebut dengan istilah MOS. Jadi Microsoft Office Specialist ya, disingkat sebagai itu, dan ini nanti akan diadakan secara sertifikat,” ujarnya, Kamis (9/9/2021).

Untuk mendapatkan sertifikat, PTIPD memberlakukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa terdaftar ICT. Beberapa diantaranya adalah menghadiri pertemuan sebanyak empat kali dari total tujuh pertemuan termasuk ujian. Bagi 100 mahasiswa dengan hasil ujian tertinggi, akan diajukan ke academy untuk mendapatkan sertifikat internasional dengan mengikuti tes MOS.

Baca juga:  Suara Eks Penyidik KPK Dalam Aksi Kamisan Bandung

Manfaat dari sertifikasi ICT ini akan dirasakan oleh para mahasiswa setelah masuk ke dalam dunia kerja. Peserta akan mendapatkan nilai tambah karena memiliki kemampuan tingkat lanjut, terutama dalam pengoperasian program microsoft office. Selain itu, sertifikasi training ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap instansi yang bersangkutan. Dalam hal ini instansi akan dianggap telah mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas.

Dalam pembahasan teknis dan skema agenda, anggota PTIPD, Yogi Saputra juga mengatakan bahwa sertifikat yang dikeluarkan dan difasilitasi oleh PTIPD dapat dimanfaatkan dalam banyak hal. “Nantinya itu bisa dipakai sebagai pendampingan SKPI, bisa dipakai untuk di dunia kerja. Karena perusahaan-perusahaan di luar sana itu pasti akan melihat,” ujar Yogi.

Yogi juga menyampaikan harapannya agar sosialisasi yang telah terlaksana dapat memberikan pemahaman yang jelas kepada para mahasiswa terkait program serta pelaksanaan training ICT tahun 2021.

“Sosialisasi yang hari ini alhamdulillah teman-teman bisa mengikutinya, mudah-mudahan menjadi amal ibadah buat teman-teman semua, dan bisa menjadi input knowledge yang baru untuk pelaksanaan (program) penambahan kompetensi teman-teman selanjutnya,” pungkasnya.

Reporter         : Gemilang Yusrima Renic/Suaka

Redaktur        : Fuad Mutashim/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas