Kampusiana

54 Pengurus Dema-F Syarkum Resmi Dilantik

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (Dema-FSH), Usamah memberikan sambutan setelah resmi dilantik oleh Wakil Dekan III FSH, Aden Rosadi di Aula FSH, Kampus I UIN SGD Bandung, Selasa (19/4/2022). (Foto: Fasa Muhamad Hapid/Magang)

SUAKAONLINE.COM – Pengurus baru Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (Dema-F Syarkum) resmi dilantik oleh Wakil Dekan III Fakultas Syarkum, Aden Rosadi di Aula Fakultas Syarkum pada Selasa, (19/4/2022). Kegiatan ini mengusung tema “Menjadikan Pengurus Dema FSH Menjadi Pengurus yang Responsif, Kolaboratif, Inovatif untuk Menciptakan Mahasiswa FSH yang Adaptif”.

Acara ini turut dihadiri jajaran Dekanat Fakultas Syarkum, Ketua Sema Fakultas Syarkum, Jajaran Ketua Jurusan dan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Syarkum, serta para Ketua Dema-F di lingkungan UIN SGD Bandung. Ketua Pelaksana acara, Ilham Maulana menyampaikan acara pelantikan kali ini dilaksanakan secara hybrid dengan melantik sebanyak 54 pengurus. “Dari jumlah keseluruhan pengurus yang berjumlah 54, yang hadir langsung hari ini ada 36 orang dan sisanya mengikuti secara online,” tuturnya Selasa, (19/4/2022).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syarkum, Fauzan Ali Rasyid menyampaikan terima kasih kepada kepengurusan sebelumnya dan mengucapkan selamat mengemban amanah kepada kepengurusan yang baru. Ia menerangkan bahwa proses seperti ini merupakan proses perjalanan menuju kesuksesan hidup dan harus dimanfaatkan dengan baik, karena pengurus merupakan orang orang terpilih yang mana tidak semua mahasiswa bisa menjadi pengurus Dema.

Beliau pun sangat mengharapkan kerja sama dan bantuan dari Dema-F dalam menghadapi masa transisi perkuliahan yang akan segera dimulai.”Hari ini dunia telah membuka ruang pemulihan, kita akan menghadapi masa transisi dari dunia online ke dunia offline ataupun mix , ini butuh model baru dan kita harus sama-sama bekerja, saya butuh masukan dari kalian semua untuk masa transisi ini,” ujarnya.

Ketua Dema-F Syarkum, Usamah menjelaskan bahwa Kabinet Adidaya adalah nama untuk kabinet dalam kepengurusannya. “Kabinet Adidaya ini mencerminkan untuk bagaimana caranya Dema-F Syarkum ini bisa berdaya, memiliki sumber daya dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Kami ingin berdaya bersama untuk menciptakan kolaborasi yang menginspirasi, sehingga kami juga mempunyai jargon kolaborasi menginspirasi,” tegasnya.

Usamah juga menuturkan program-program yang ia rencanakan, ada program baru dan ada juga program kepengurusan sebelumnya yang dipertahankan. “ Ada enam program unggulan kita baik yang baru seperti Kamuning, Life in, Kampus Berdaya, SHLC dan juga program Bakdes serta Gebyar Syarkum yang merupakan peninggalan  dari demisioner sebelumnya yang patut dijaga dengan baik dan akan dilanjutkan lagi,” lanjutnya.

Saat ditanya mengenai persiapan untuk menjalankan roda organisasi satu periode ke depan, Usamah menjelaskan kepengurusannya mempunyai grand design program kerja yang mana setiap tiga bulan sekali harus ada output bagaimana hasil kerja kepengurusannya dan ini bisa dilihat oleh publik. “Saya akan buat Dema ini setransparansi dan seterbuka mungkin sehingga seluruh mahasiswa Fakultas Syarkum tahu dan bisa jadi pacuan juga buat pengurus bahwa kerja kita diperhatikan, sehingga organisasi kita ini menjadi mahal,” jelasnya.

Terakhir, Usamah menyampaikan bahwa di masa kepengurusannya ini ia berharap seluruh warga Fakultas Syarkum bisa beradaptasi dan berjuang menyelesaikan segala tantangan  yang ada saat ini. “Jangan jadikan apa yang terjadi di masa lalu dan apa yang akan terjadi masa depan itu menjadi kekhawatiran sehingga kita lupa bahwa kita hidup di masa kini, saya ingin seluruh mahasiswa fakultas syariah dan hukum berjuang bersama dan berdaya bersama,” tutupnya.

Reporter : Fasa Muhamad Hapid/ Magang

Redaktur : Fitri Nur Hidayah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas