" > 2 mnt membaca"> Biro Psikologi Attamur Selenggarakan Sharing Session Gaya Hidup - Suaka Online
Lintas Kampus

Biro Psikologi Attamur Selenggarakan Sharing Session Gaya Hidup2 mnt membaca

Ilustrasi: Raisa Shahifatillah/Magang

SUAKAONLINE.COM – Biro Pelayanan Psikologi Attamur menyelenggarakan sharing session mengenai gaya hidup di tengah pandemi COVID-19 via WhatsApp grup, Minggu (26/4/2020). Kegiatan ini berkerja sama dengan sejumlah psikolog dari berbagai universitas, seperti UIN SGD Bandung dan UNISBA.

Dengan bertemakan “Aku, COVID-19, dan Gaya Hidupku”, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keseimbangan gaya hidup di tengah pandemi COVID-19 guna menjaga kesehatan mental. Partisipan yang turut mengikuti kegiatan ini berkisar 100 orang yang diantaranya mereka merupakan dosen, mahasiswa, remaja dan orang tua.

Founder Biro Psikologi Attamur, Nisa Hermawati mengatakan kegiatan ini dilakukan guna mencegah terjadinya dampak kesehatan mental saat pandemi. Terutama saat pemerintah sudah merealisasikan Physical Distancing dan Work From Home yang kemudian disusul dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mendesak masyarakat untuk benar-benar tetap di rumah.

Kemudian Dosen Psikologi, Rika Rahmawati mengungkapkan adanya perubahan gaya hidup masyarakat karena fenomena wabah COVID-19 yang terjadi saat ini. Dalam gaya hidup itu bersifat positif dan negatif, keduanya akan menentukan interaksi sosial seseorang dengan lingkungannya. Dengan  begitu terdapat beberapa tips yang diberikan untuk kesehatan mental dan tetap produktif meski di dalam rumah.

Rika menjelaskan gaya hidup yang baik saat pandemi seperti; membuat skala prioritas, time management, financial management, perencanaan jangka pendek dan panjang, digital detox dan merancang deadline yang dapat dilakukan selama pandemi. Kemudian dengan tetap kreatif mencoba mindfullness yang dapat memunculkan ide ide baru, mencari inspirasi yang memberikan semangat, dan menggunakan media sosial dengan baik itu pun dapat menjadikan lebih produkif saat di rumah.

Tak hanya itu, Rika juga menambahkan pentingnya keterlibatan orang tua dalam pandemi ini. “Keterlibatan orang tua terhadap gaya hidup anak di tengah pandemi dapat dilakukan dengan; orang tua memberi wawasan dengan menyesuaikan kognitif anak, menerapkan cara beradaptasi menggunakan bahasa yang ringan, jangan menularkan emosi negatif, mengarahkan gaya hidup yang sehat dan positif, memberi konsekuensi apabila melanggar peraturan dan tetap memberikan kasih sayang walaupun WFH,” ujarnya selaku pemateri dalam sharing session ini, Minggu (26/4/2020).

Baca juga:  Hari Ke-2 PBAK, UIN Bandung Kenalkan Lingkungan Kefakultasan

Salah satu partisipan sharing session, Tin Mardiyah mengaku bersyukur mendapat pencerahan mengenai kesehatan saat pandemi ini. “Saya juga merasa bersyukur dan berterimakasih pula terhadap biro layanan psikologi Attamur beserta pemateri. Karena sedikit banyaknya saya mendapatkan pencerahan mengenai pentingnya menjaga kesehatan di tengah mewabahnya pandemi COVID-19 ini.” Tutup dosen Universitas Djuanda.

Reporter: Raisa Shahifatillah/Magang

Redaktur: Hasna Fajriah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas