2 mnt membaca"> HMJ AP Gelar Acara Ngaji Bersama: “Akankah Surga Merindukanku?” - Suaka Online
Kampusiana

HMJ AP Gelar Acara Ngaji Bersama: “Akankah Surga Merindukanku?”2 mnt membaca

HMJ AP gelar acara Ngaji Hati bersama Administrasi Publik (NGAHIJI AP #5) dengan mengusung tema “Akankah Surga Merindukanku?”, melalui Zoom Meeting dan YouTube Streaming, Sabtu (1/5/2021). (Adinda Nurlatifah/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Administrasi Publik (AP) UIN SGD Bandung menggelar acara Ngaji Hati bersama Administrasi Publik (NGAHIJI AP #5) melalui Zoom Meeting dan YouTube Streaming, Sabtu (1/5/2021). Dengan mengusung tema “Akankah Surga Merindukanku?” dan dihadiri oleh kurang lebih 90 peserta yang turut berpartisipasi.

Ketua pelaksana acara tersebut, David Ashari dalam sambutannya mengatakan bahwa NGAHIJI AP #5 ini diadakan sebagai penutup dari masa periode kepengurusannya. “NGAHIJI AP pertemuan sekarang merupakan penutup dan penutup sendiri bukan berarti akhir karena saya pun berharap akan adanya Ngahiji AP yang berikutnya. Namun ini merupakan akhir daripada tanggung jawab kabinet atau kepengurusan saya pada kesempatan kali ini,” jelasnya.

Acara ngaji bersama yang dibuka untuk umum ini membahas tentang bagaimana cara menjadi orang-orang dalam golongan yang dirindukan oleh surge. Tips untuk istiqamah dalam beribadah, cara meningkatkan ketakwaan, dan juga cara untuk lebih dekat dengan Al-qur’an khususnya di bulan Ramadhan ini.

Acara ini menghadirkan seorang pemateri yaitu Ust. Nur Ihsan Jundullah. Dalam pemaparannya ia mengatakan bahwa pola pikir kita dalam beramal dapat menentukan diterima atau tidaknya ibadah kita oleh Allah SWT. Dia juga menjelaskan bahwa menurut Khabil amal ibadah yang diterima adalah orang yang bertakwa.

Ada beberapa indikasi orang yang bertakwa adalah yang mengerahkan seluruh kemampuannya, seluruh waktunya, seluruh usahanya, seluruh tenaganya untuk memberikan pengorbanan yang terbaik. Lebih lanjut ia menjelaskan indikasi tersebut terdapat dalam firman Allah surat Ali Imran ayat 142.

“Dalam surat Ali-Imran ayat 142 kembali Allah menyentil kita ‘Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga?’ Apakah kalian akan mengira masuk surga padahal belum jelas dipandangan Allah orang-orang yang berjuang di antara kalian dan orang-orang yang bersabar. Surga akan merindukan kita saat kita berjuang, kedua saat kita bersabar. Lalu apa yang kita perjuangkan dan apa yang harus kita sabarkan?” Ujarnya.

Selanjutnya ia menjelaskan lebih lanjut mengenai poin inti pembahasannya, bahwa berdasarkan hadis Riwayat Rasulullah SAW golongan orang-orang yang dirindukan oleh surga itu ada empat macam. Pertama Gemar membaca Al-Qur’an dan membacanya dengan kesabaran dan mengerahkan seluruh potensi saat membacanya, kedua menjaga diri dari perbuatan gibah, ketiga gemar berbagi dan menghilangkan rasa lapar saudaranya, terakhir adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Kemudian dalam acara ini ketua pelaksana, Davin Ashari juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat terus berlanjut. “Dan besar pula harapan saya dan besar pula harapan rekan-rekan yang memang ikut andil dalam berdirinya acara ini agar NGAHIJI AP ini terus berlanjut terus berkesinambungan terus istiqamah. Seperti yang saya sampaikan di awal pada saat pembukaan, istiqamah merupakan Qaulan Qaromah. Mudah-mudahan kita semua senantiasa istiqamah dalam adanya kajian ini.” Tutupnya.

Reporter : Adinda Nurlatifah/Suaka

Redaktur : Fauzan Nugraha/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas