Kampusiana

Inovasi Baru: Bayar UKT Dapat Melalui Indomaret

Tangkapan layar pembayaran UKT melalui Indomaret di laman Instagram @uinsgd.official (Ilustrasi: Fuad Mutashim/Suaka).

SUAKAONLINE.COM – Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Semester Genap Tahun Ajar 2021/2022 UIN SGD Bandung kini dapat melalui Indomaret. Media pembayaran ini dapat digunakan untuk mahasiswa angkatan 2018-2021 bagi S2 (Pascasarjana) dan angkatan 2015-2021 bagi S1 (Sarjana) dengan cara Host to Host Virtual Account.

Adanya inovasi ini adalah bentuk kerja sama antara Bank Jabar Banten Syari’ah (BJBS) dengan Indomaret. Difasilitasinya media pembayaran ini berangkat dari kekhawatiran banyaknya mahasiswa UIN SGD Bandung yang berada di daerah pelosok sehingga kesulitan untuk menjangkau lokasi dari Bank BJBS.

Staf Bagian Hubungan Masyarakat (Humas), Helmi Kahfi menjelaskan inovasi ini dilakukan karena Indomaret hampir tersedia di seluruh Indonesia. Sehingga akan memudahkan dan meminimalisir banyaknya mahasiswa yang tidak membayar UKT. “Jangan sampai ada lagi peluang mahasiwa kita belum bayar, alasannya lemot atau gak ada jaringan,” jelasnya, Rabu (5/1/2022).

Untuk teknis pembayaran UKT melalui Indomaret langkah paling awal adalah mahasiswa melakukan login menggunakan akun Salam. Kemudian melakukan verifikasi pembayaran dengan mengklik Bank BJBS di opsi tagihan UKT (berlaku dalam waktu 24 jam) yang nantinya akan muncul kode Virtual Account (VA).

Kode VA dari S1 dan Pascasarjana sendiri berbeda. Untuk S1 kodenya 888348+NIM sedangkan untuk Pascasarjana adalah 888189+NIM. Setelah mendapat kode tersebut maka mahasiswa dapat mendatangi kasir indomaret dan menginformasikan akan membayar UKT UIN SGD Bandung dengan menyebutkan kode VA.

Selanjutnya kasir akan menyebutkan transaksi yang harus dibayar oleh mahasiswa yaitu besaran UKT mahasiswa ditambah biaya admin sebesar Rp7.500. Setelah proses transaksi selesai, mahasiswa akan mendapatkan bukti transaksi dari kasir indomaret yang mesti disimpan dengan baik.

Salah satu mahasiswa Widad Kholish Savero Terkait menyambut baik hal tersebut. Namun ia mengeluhkan biaya admin yang terlalu tinggi. “Pembayaran UKT di Indomaret memudahkan mahasiswa, dikarenakan indomaret ada di berbagai tempat dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengantri seperti pembayaran reguler melalui teller bank. Akan tetapi, disayangkan biaya admin indomaret bagi saya sebagai mahasiswa lumayan mahal,” keluhnya Senin (10/1/2022).

Reporter         : Elni Pujayanti dan Nurhasanah

Redaktur        : Fuad Mutashim

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas