" > 1 mnt membaca"> Jurnal Terakreditasi Nasional UIN Bandung - Suaka Online
Grafis

Jurnal Terakreditasi Nasional UIN Bandung1 mnt membaca

Berdasarkan data dari LP2M pada September 2020, UIN SGD Bandung memiliki 69 jurnal penelitian. Dari jumlah tersebut, 35 diantaranya sudah terakreditasi nasional oleh Science and Technology Index (SINTA). Sebagai informasi, SINTA merupakan platform pengarsipan jurnal yang ditangani langsung oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

Berdasarkan data tersebut, fakultas yang memiliki jumlah terbanyakan adalah fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan 8 jurnal terindeks SINTA. Disusul fakultas Ushuluddin dan Sains dan Teknologi yang masing-masing sudah memiliki 6 jurnal terakreditasi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki 4 jurnal, fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 3 jurnal. Fakultas Psikologi dan Syariah dan Hukum masing-masing 2 jurnal, serta fakultas Adab dan Humaniora dengan 1 Jurnal. Selain itu dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mencatatkan 2 jurnal dan Pascasarjana 1 jurnal.

Dalam grafis tersebut, jurnal dikategorisasi lagi ke dalam beberapa peringkat SINTA. Berdasarkan Peraturan Kemenristekdikti No. 9 tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah, pemeringkatan dibagi atas 6 kelas. Peringkat SINTA 1 menunjukkan kinerja terbaik dengan nilai 85-100, disusul SINTA 2 memiliki nilai 70-85, SINTA 3 bernilai 60-70, SINTA 4 bernilai 50-60, SINTA 5 bernilai 40-50 dan SINTA 6 bernilai 30-40.

Penyunting – Tim Riset, Data dan Informasi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas