3 mnt membaca"> Pembukaan PBAK Fakultas Saintek, Hasna : Wahana Awal Pembentukan Karakter - Suaka Online
Kampusiana

Pembukaan PBAK Fakultas Saintek, Hasna : Wahana Awal Pembentukan Karakter3 mnt membaca

Gamal Albani memberika matari motivasi kepada mahasiswa baru Fakultas Saintek di acara PBAK Fakultas Saintek, Selasa (31/8/2021).

SUAKAONLINE.COM – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Dema-FST) menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas dan Mapping 2021 via zoom meeting, Selasa (31/08/2021). Acara yang merupakan rangkaian agenda PBAK tahun ini mengusung tema “Kulturisasi Mahasiswa Baru 2021 Fakultas Sains dan Teknologi dalam Rangka Membina Karakter Mahasiswa yang Cendekia, Kritis, Solutif, dan Aktif” .

Pembukaan PBAK Fakultas yang dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari sambutan-sambutan hingga talkshow. Adapun untuk pembukaan Mapping yang dilaksanakan pukul 15.30 WIB diisi oleh beberapa penayangan video yang merupakan sambutan dan pengenalan singkat dari masyarakat Fakultas Saintek.

Ketua pelaksana Waqyu Setiadi menjelaskan bahwa pada hari Rabu (31/08/2021) telah dilaksanakan dua agenda penting bagi Fakultas Sains dan Teknolog (Saintek) yaitu Pembukaan PBAK 2021 yang merupakan rangkaian program PBAK Fakultas yang telah ditetapkan oleh pihak kampus. Serta pembukaan Mapping yang merupakan kegiatan PBAK yang menjadi agenda Dema Fakultas Sains dan Teknologi.

Waqyu berharap dengan adanya dua agenda ini mahasiswa baru dari Fakultas Saintek dapat memiliki pengetahuan yang luas. “berangkat dari tema dan maskot yang bernama daeyang “Samudera”, besar harapan mahasiswa dapat memiliki kemampuan intelektual seluas samudera yang dapat menjalankan kegiatan perkuliahan pun organisasi dengan baik meski berada ditengah pandemi.” Tutupnya saat diwawancarai via whatsapp, Selasa (31/8/2021).

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Hasna Aliah menyampaikan dalam sambutannya bahwa PBAK merupakan tahap awal pembentukan karakter mahasiswa. “PBAK dengan seluruh acara merupakan wahana awal pembentukan karakter mahasiswa baru. Karena pentingnya PBAK, maka kami dengan panitia berkomitmen melaksanakan PBAK yang kondusif dengan pembentukan karakter mahasiswa sesuai dengan predikat Fakultas Sains dan Teknologi yang merupakan fakultas umum yang berbasis Islam.” Ujarnya.

Baca juga:  Suara Eks Penyidik KPK Dalam Aksi Kamisan Bandung

Dia juga berpesan kepada mahasiswa baru agar selalu bersyukur diberikan kesempatan untuk melanjutkan pembelajaran ke jenjang S1 dengan bertekad untuk memaksimalkan pembelajaran hingga mendapat prestasi yang gemilang. Dia juga berpesan untuk menjadikan PBAK sebagai momentum awal untuk mnyusun rencana masa depan.   

Ketua Dema Fakultas Sains dan Teknologi, Heri Hermawan menyampaikan dalam sambutannya bahwa PBAK merupakan langkah awal dalam mengenal budaya akadmik dan kemahasiswaan. “Bahwa dalam momentum PBAK ini berlaku istilah perjalanan beribu mil diawali dengan satu langkah kecil, dimana PBAK ini merupakanlangkah pertama bagi kawan-kawan mahasiswa baru 2021 untuk mengenali budaya akademiknya budaya kemahasiswaannya.”Jelasnya.

Selain mengenalkan budaya fakultas dalam agenda pembukaan PBAK fakultas juga diadakan seminar motivasi kemahasiswaan yang disampaikan oleh seorang dokter inspiratif yaitu Gamal Albani. Dia menjelaskan bahwa tidak ada keberhasilan tanpa kepayahan, maka mahasiswa harus berani berlayar untuk mencapai suatu tujuan.

“Tidak ada keberhasilan, kenikmatan tanpa kepayahan. Kapal yang berlabuh di pelabuhan itu memang aman, tapi itu bukan tujuan dibuatnya kapal. Maka nikmatilah tantangan karena disanalah orang hebat, orang kuat dibesarkan. Nah Kami bersyukur waktu di kampus dulu, itu juga yang teman-teman syukuri ya kita bisa kuliah itu kesempatan kita untuk melakukan lompatan dalam kehidupan kita.” Ujar Gamal.

Untuk mengakhiri acara pembukaan PBAK Fakultas Sains dan Teknologi 2021 diadakan bincang-bincang bersama jajaran dekanat Fakultas saintek yaitu Wakil Dekan (Wadek) I bidang akademik, Wadek II bidang administrasi umum dan perencanaan, serta Wadek III bidang kemahasiswaan dan alumni kerjasama. Perbincangan ini membahas mengenai pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh mahasiswa baru secara mendetail.

Reporter : Deny Puspitasari/Suaka

Redaktur : Fauzan Nugraha/Suaka

Baca juga:  Beredar Isu Penggusuran, Pedagang Kantin Biru Gelar Aksi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas