" > 1 mnt membaca"> Banjir Jadi Arena Pembuangan Limbah Industri - Suaka Online
Lintas Kampus

Banjir Jadi Arena Pembuangan Limbah Industri1 mnt membaca

 

[Suakaonline]-Banjir yang terjadi di kawasan jalan raya Rancaekek, tepatnya di kawasan kampung Cina yang sampai Senin (22/04) terpantau belum surut total masih ada genangan air di jalan kearah Cileunyi.


Banjir ini disebabakan karena letak geogafis kampung Rancaekek yang berada di dataran rendah dan gorong-gorong yang sempit. Selain itu, ulah masyarakat sekitar yang kerap membuang sampah sembarangan juga jadi faktor utama.


“Jika berbicara pada masa lampau, dulu memang saluran airnya besar. Namun karena kesadaran masyarakatnya kecil, sekarang banyak yang membuang sampah sembarangan , dan juga ekspansi pabrik-pabrik,“ tutur Tito Taufik mantan ketua RW 01 saat ditemui Suaka, Senin (22/04).


Banjir yang terjadi di kawasan Industri ini dicurigai dimanfaatkan oleh pihak pabrik dikawasan sekitaran kampung Cina untuk membuang limbah cair industri. Kecurigaan ini diutarakan oleh Tito Taufik selaku ketua RW 01.


“Kalau dilihat secara kasat mata, kalau lagi banjir limbah itu ada dan terlihat. Ini sudah jadi rahasia umum lagi lewat gorong-gorong jalan. Saya tidak bisa mengatakan PT mana, yang  jelas ada dilingkungan kami, biasanya malam sekitar pukul 11 malam,” ucap Tito.


Ia pun berahap agar pemerintah dan pabrik di kawasan sekitar lebih memperhatikan lagi masalah banjir yang berlarut-larut ini. Sudah banyak dampak yang terjadi dari adanya musibah banjir, mulai dari kecelakaan yang sering terjadi apabila air surut karena jalan rusak tergerus air, serta penyakit demam berdarah yang selalu menghantui warga.


“Harapannya, bagi pemerintah dan perusahaan disekitar lingkungan sini, tolong sedikit saja tengok keluhan dan keinginan masyarakat agar masalah banjir ini dapat terselesaikan,” pungkasnya


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas