2 mnt membaca"> Menumbuhkan Eksistensi Persma Lewat FKPMB - Suaka Online
Galeri

Menumbuhkan Eksistensi Persma Lewat FKPMB2 mnt membaca

FKPMB Bandung

[Suakaonline]-Menumbuhkan Eksistensi, loyalitas dan regenerasi di sebuah Pers Mahasiswa (Persma) tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dikembangkan oleh masing-masing individu yang aktif di Persma. Lewat Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung (FKPMB)  semua itu dibahas.

Sekjen Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung (FKPMB), Agung Sutisna mengatakan, ada beberapa hal untuk menumbuhkan loyalitas dan menarik Sumber Daya Manusia (SDM) pada sebuah Persma. Pertama jadikan Persma sebagai permainan bukan beban, dalam artian menjadikan hal ini sebagai wadah pengasah kreatifitas. Kedua menjadikan Persma sebagai tempat kekeluargaan.

Ketiga menjadikan diskusi sebagai sarana berbagi sambil bermain serta mengenal lingkungan sekitar. Keempat memberikan reward terhadap orang-orang yang berprestasi agar ia mampu meningkatkan kinerjanya.

“Selain itu Persma harus menunjukan eksistensinya dengan karya-karya yang menarik sehingga membuat orang-orang ingin terlibat di dalamnya,” kata Agung di acara silaturahmi FKPMB sekaligus syukuran sekretariat baru Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suaka  di meeting room, gedung Student Center, UIN SGD Bandung, Sabtu (15/02).

Sementara Menurut Pemimpin Umum LPM Suaka, Iqbal Tawakal,  cara menumbuhkan eksistensi Persma yakni buatlah bergelut di media Persma menyenangkan, tapi tetap tidak menghilangkan jati diri Persma itu sendiri. “Yaitu sebagai media alternatif masyarakat,” kata Iqbal.

Selain sebagai ajang silaturahmi, tambah Iqbal, FKPMB pun sebagai ajang memberi suport dan bantuan kepada Persma yang baru merintis.

Sementara bagi Julia Hartini,  perwakilan Isolapos UPI mengharapkan agar acara seperti ini sering diadakan.  “Acara silaturahmi seperti ini harus sering diadakan agar kita lebih mengenal nama Persma dari kampus lainya, khusunya di Bandung. Selain diisi dengan diskusi, acara ini juga diisi dengan jalan bareng agar lebih menarik Persma lainya yang jarang mengikuti acara seperti ini,” ujar Julia.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Persma se-Bandung, diantaranya UPM Isolapos UPI, LPM Jumpa Unpas, Suara Mahasiswa Unisba, Media Parahyangan Unpar, LPPM Djatinangor Fikom Unpad, LPM Vonis Fakultas Hukum Unpad, Gema Suara Piksi Ganesa, Forum Jurnalistik Ikopin, Arteri STIKES Dharma Husada Bandung, LPM Birama Unikom dan Jurnalpos Jurnalistik UIN SGD Bandung.

Dari pantaun Suaka, acara tersebut dibuka dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai tanda syukuran sekretariat baru LPM Suaka, lalu dilanjutkan dengan sharing sesama anggota FKPMB dan diakhiri dengan jamuan makan malam.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas