Kampusiana

Talkshow Art and Language Festival, Meningkatkan Minat Bahasa Asing

Duta bahasa Jawa Barat 2023, Gaizzka Metsu Wilsensa memaparkan materi di talkshow kebahasaan yang diadakan Lembaga Pengembangan Bahasa mengenai pentingnya Bahasa dalam kehidupan baik di lingkup akademik maupun sehari-hari, di aula Abjan Soelaeman, UIN Bandung, Jumat (24/11/2023). (Foto: Dheny Puspitasari/Suaka).

SUAKAONLINE.COM– Lembaga Pengembangan Bahasa (LPB) UIN SGD Bandung menggelar acara talkshow kebahasaan dalam rangkaian Art and Language Festival di Aula Abjan Soelaeman, Kampus I UIN SGD Bandung, Jumat (25/11/2023). Mengusung tema “How Language Boosts Your Value and Make Your Dream Comes True”, acara ini adalah kelanjutan setelah pemilihan duta bahasa dan perlombaan bahasa.  

Ketua pelaksana, Maldini menjelaskan bahwa acara ini merupakan acara yang memang sudah menjadi acara tahunan. Yang mana acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat mahasiswa mengenai bahasa asing maupun bahasa Indonesia. Ia juga mengatakan festival selanjutnya bisa berskala nasional dan mahasiswa UIN Bandung menjadi corong.

“Semoga dapat meningkatkan minat dan bakat bahasa asing ataupun bahasa Indonesia utamanya di lingkup mahasiswa UIN SGD kayak perlombaan kita tarafnya nasional tetapi kita inginnya mahasiswa UIN SGD lebih menonjol,” Papar Maldini saat diwawancarai di Aula Abjan Soelaeman, Jum’at (24/11/2023)

Acara dimulai dengan penampilan tari yang kemudian pemaparan dua pemateri, yakni duta bahasa Jawa Barat 2023, Gaizzka Metsu Wilsensa dan influencer  penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), M. Solahudin Al-Ayubi. 

Solahudin menceritakan mengenai perjalananya dalam meraih impian berkuliah di luar negeri. Di mana mimpinya bisa tergapai saat ia mendapatkan IISMA sehingga ia bisa berkuliah di universitas Glasgow. Ia juga menjelaskan bahwa dalam meraih mimpi tidak semua jalan akan berjalan lancar pasti terdapat rintangan yang harus dilalui. 

lebih lanjut, pemateri kedua, Gaizzka memaparkan mengenai pentingnya bahasa dalam segala linimasa kehidupan, baik bahasa Indonesia maupun bahasa inggris. Gaizzka juga memaparkan beragam keuntungan salah satunya di mana ia bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan presiden RI karena kemampuannya dalam berbahasa terutama dalam hal menulis. 

Salah satu peserta dan mahasiswa jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Ajeng berpendapat bahwa acara ini bagus dan semoga ke depannya dapat menghadirkan pemateri – pemateri yang lebih bagus dan kompeten di bidangnya. “Acara talkshow ini menurut saya ini luar biasa ya, pengisinya juga dihadirkan orang yang kompeten di bidangnya terutama dalam bidang bahasa. Kemudian di talkshow ini juga dibahas berbagai tips mengenai beasiswa di luar negeri kemudian gimana caranya biar kita lebih expert (ahli -red) di bidang bahasa gitu,” jelas Ajeng saat diwawancarai Suaka.

Reporter: Dheny Puspitasari/Suaka

Redaktur: Mohamad Akmal Albari/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas