" > 1 mnt membaca"> PJMTD, Pelatihan Dasar Siapkan Jurnalis Kampus - Suaka Online
Kampusiana

PJMTD, Pelatihan Dasar Siapkan Jurnalis Kampus1 mnt membaca

SUAKA

Panitia dan Pesrta PJMTD LPM Suaka melakukan foto bersama. PJMTD dilakukan pada 29-31 Januari 2016, di Villa Raoea, Cilengkrang, Kabupaten Bandung. (Ima Khotimah/ Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Persiapkan generasi jurnalis kampus, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suaka UIN SGD Bandung menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (PJMTD) di Villa Raoea, Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Kegiatan yang bertema “Persma bisa diciptakan” tersebut berlangsung pada 29 – 31 Januari 2016. PJMTD adalah salah satu rangkaian open recruitmen anggota baru LPM Suaka. Kali ini PJMTD diikuti oleh 78 peserta.

Pemimpin Umum LPM Suaka, Robby Darmawan dalam sambutannya berharap peserta dapat mengikuti PJMTD dengan baik. Pasalnya PJMTD merupakan bekal bagi calon anggota baru LPM Suaka untuk tahap selanjutnya, yaitu magang selama kurang lebih tiga bulan. “LPM Suaka membutuhkan orang yang berani dan banyak berkorban,” ujar Robby. Robby menambahkan dalam PJMTD tersebut materi akan diisi oleh jurnalis praktisi yang telah berkecimpung di dunia jurnalistik.

PJMTD diisi oleh pelbagai kegiatan, seperti materi, diskusi, dan simulasi media. Hari pertama peserta diajak berkenalan dengan LPM Suaka dengan pembicara Pemimpin Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Pemimpin Redaksi, Kepala Litbang, dan Pemimpin Perusahaan. Hari pertama juga diisi dengan presentasi resensi buku, serta diskusi film The True Cost.

Beranjak pada hari kedua peserta disuguhi tiga materi yang berkaitan dengan kejurnalistikan. Materi tersebut ialah penulisan berita yang diisi oleh  Kontributor Tempo desk Kriminal dan Hukum, Iqbal Tawakal LZ. Materi kedua mengenai kejurnalistikan disampaikan oleh Asisten Redaktur Harian Sindo Jabar. Materi terakhir yakni foto jurnalistik disampaikan oleh Wartawan Tempo, Aditya Herlambang. Selain materi hari kedua diisi oleh sharing bersama alumni LPM Suaka.

Hari pamungkas peserta dituntut untuk melakukan simulasi media. Simulasi tersebut meliputi rapat redaksi, wawancara, penulisan berita, dan layout. Setiap kelompok peserta mempresentasikan hasil dari simulasi media tersebut.

Reporter           : Akbar Gunawan/ Magang

Redaktur          : Isthiqonita

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas