" > 2 mnt membaca"> Tabloid Suaka News Edisi XVIII 2005 - Suaka Online
Epaper

Tabloid Suaka News Edisi XVIII 20052 mnt membaca

Tabloid Suaka News Edisi XVIII 2005

Editorial

KKN

KKN adalah bentuk pengabdian masyarakat. KKN hanya sebatas ritual tahunan. KKN merupakan kewajiban mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah. KKN ialah ajang mencari jodoh. KKN hanya sekedar menggugurkan kewajiban. Dan masih banyak pendapat lain mengenai Kuliah Kerja Nyata.

Setiap tahun, kampus IAIN mengutus mahasiswanya ke berbagai daerah. Kamerin, pada 15 Maret 2005, dengan di bagi menjadi 150 kelompok, sekitar seribu mahasiswa IAIN , dari beberapa fakultas dan jurusan berngkat ke daerah yang telah ditentukan penitia KKN.

Lalu, seberapa pentingkah KKN itu, sampai-sampai mahasiswa harus menguras duitnya untuk melaksanakan kagiatan tersebut. Bahkan, KKN tahun ini harus mengorbankan nyawa mahasiswa IAIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kalau KKN itu bentuk pengabdian masyarakat, apa yang telah diabdikan mahasiswa kepada masyarakat dalam jangka waktu sebulan? Kalau KKN adalah ritual tahunan, bermaknakah ritual tersebut? Jika KKN merupakan kewajiban mahasiswa, seberapa besarkah duityang harus dikeluarkan untuk menggugurkan kewajiban mahasiswa itu? dan, jika KKN itu bukan ajang pembelajaran, tapi moment mencari jodoh, maka jangan bosan untuk mempertanyakan, masih perlukah KKN?

Berbagai cerita seringkali terdengar dari mahasiswa yang melaksanakan KKN. Tapi, yang terdengar santerhanya sebuah cerita romantis. Entah itu mahasiswa yang mendapat kabogoh, maupun mahasiswa yang babogohan dengan wanita desa, tempat KKN-nya. Sedangkan yang (seharusnya) pantas terdengar ialah, pelajaran apa yang kita dapat dari masyarakat, setelah selesai Kuliah Kerja Nyata itu? Lalu, mana cerita dari KKN yang bisa kita jadikan pelajaran?

Terlepas dari pelajaran apa yang kita dapat, pastinya tidak sedikit pengalaman KKN yang bisa dijadikan pelajaran. Tidak sedikit pula pengalaman yang perlu kita renungkan bersama. Bukankah beljaar bisa dimana-mana? Dan bisa sama siapa saja.

Mengenai Kuliah Kerja Nyata, dari sisi persiapan hingga di lapangan kami mencoba untuk mneyajikannya. Bahkan pro-kontra yang sempat bergulirmengenai KKN pun kami sajikan pada Suaka News edisi kali ini. Tapi tak bisa dipungkiri, kalau edisi ini tidak mengupas tuntas tentang KKN. Toh, kami manusia biasa yang punya tangan dan kaki dua.

Selain itu, juga ada beberapa tulisan yang perlu disimak. Salah satunya tentang KKN dimata dosen IAIN Suann Gunung Djati Bandung senditi. Bagaimanakah mereka memandang Kuliah Kerja Nyata? Tentunya, hal tersebut ada pada rubrik yang telah tersedia. Tak lain tujuan kami hanya sekedar memberi gambaran sederhana dalam memandang sesuatu. selamat membaca! [Redaksi]

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas